Belum lama ini marak terjadi pembobolan akun internet banking yang menyasar sebagian pengguna layanan dari bank-bank besar di Indonesia. Pertanyaannya adalah apakah internet banking itu berbahaya untuk digunakan? Sebenarnya saat ini internet banking sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang. Terkait dengan kemudahan dan kepraktisannya dalam bertransaksi dibandingkan menggunakan mesin ATM.

Dari sisi perbankan juga penggunaan internet banking lebih menghemat penyediaan mesin ATM dan jauh lebih aman dibandingkan mesin ATM secara fisik yang banyak dibobol oleh maling. Terus klo lebih aman internet banking, mengapa ada nasabah yang kehilangan uangnya karena menggunakan layanan internet banking? Jadi memang bisa terjadi dua hal kemungkinan terkait pencurian uang pada internet banking.

Satu karena kelalaian dari pihak bank dan terjadi peretasan pada server mereka atau karena kesalahan nasabah itu sendiri. Jika kita lihat beberapa kasus kebelakang, memang yang terjadi adalah karena kesalahan nasabah itu sendiri. Misalnya karena bertransaksi atau melakukan aktivitas internet banking pada warnet, atau wi-fi umum, atau bisa juga karena menggunakan tablet/komputer/smartphone yang terinfeksi virus.

Waspada Pencurian Pada Internet Banking via protectyour1.blogspot.com

Waspada Pencurian Pada Internet Banking via protectyour1.blogspot.com

Kejadian pada sinkronisasi token pada beberapa halaman internet banking sebenarnya terjadi karena attacker telah memiliki akun dan password internet banking seorang korban melalui program jahat di komputer korban. Maka jendala popup yang muncul karena seorang pencuri ingin menguras uang korban dan membutuhkan akses token.

Jika Anda mengalami masalah yang sama seperti munculnya popup sinkronisasi token. Ada baiknya Anda menghentikan transaksi internet banking Anda dan segeralah melapor kepada pihak perbankan  terkait permasalahan yang terjadi.

Lalu adakah tips untuk menghindari agar kita tidak menjadi korban selanjutnya? Coba Anda baca artikel berikut ini terlebih dahulu karena ada tips bermanfaat untuk Anda pada artikel yang berjudul Pencurian uang melalui virus komputer. Sebagai tambahan, hindari bertransaksi internet banking pada wi-fi publik atau komputer warnet. Semoga tips ini bermanfaat. Mohon sebarkan informasi ini  melalui sosial media yang Anda miliki ya. 🙂