Mesin Pencari Khusus Anak yang Aman Digunakan Pada Saat Online

Terkadang orang tua suka khawatir menggunakan mesin pencari ketika anak mengetik kata demi kata pada kotak pencarian pada saat online. Padahal kata apa yang ditulis, yang muncul malah kata-kata atau gambar dewasa.

Kalau sudah seperti ini gawat, bahkan beberapa di antara teman saya ada yang anaknya bertanya kepada mereka: “Mah, ini kok gambarnya kayak gini ya?” atau seperti ini “Mah, ini gambar apa ya?”.

Duh pertanyaan itu bagaikan petir di siang bolong yang tidak hujan tapi tiba-tiba ada petir. Bingungkan jawabnya juga gimana? Sebenarnya dengan mesin pencari google kita bisa melakukan filterasi dan mengaktifkan mode aman (safe mode). Tapi mungkin sebagian orangtua ada yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan setting-an tersebut.

Ada yang berpikir harus setting ini itu ribet. Adakah cara praktis yang cepat, tidak perlu setting ini itu tapi hasil pencarian dari search engine tetap aman untuk anak? Jawabannya ada. Kali ini kita akan membahas tentang beberapa mesin pencari khusus anak yang aman untuk digunakan.

Bukan berarti mesin pencari Google tidak aman buat anak, tapi kembali lagi tadi. Beberapa orang tua inginnya praktis dan mudah. Jadi saya ada solusinya, mohon jika Anda rasa tulisan ini bermanfaat untuk Anda. Silahkan Anda bagikan juga melalui sosial media yang Anda miliki.

Meksipun mesin pencari ini didesain khusus untuk anak, tetapi ada baiknya Anda juga melakukan pengawasan terhadap aktivitas online yang dilakukan oleh anak. Namanya juga sistem, pasti tidak 100% sempurna kan? Silahkan Anda bookmarks atau klik Ctrl+D, atau mengganti homepage browser Anda dengan mesin pencari ini:

1. Mesin Pencari Khusus Anak dari Safe Search Kids

Mesin pencari Google yang aman untuk anak.

Mesin pencari khusus anak dari Google yang aman

Safesearchkids.com adalah mesin pencari dari google yang aman di akses oleh anak. Dengan fitur menjelajah aman, Anda tidak perlu melakukan settingan apapun pada browser atau mesin pencari yang Anda gunakan.

Secara otomatis mesin pencari akan melakukan filterasi konten-konten yang tidak layak ditampilkan untuk anak. Setting juga agar browser di komputer, laptop, smartphone, tablet agar menjadi homepage atau startup page.

Caranya mudah, tinggal pada browser chrome buka menu settingapperance> beri centang pada show home button. Lalu pilih new tab page > changeopen this page> lalu masukan alamat web ini www.safesearchkids.com.

Jadi setiap kali anak membuka browser, halaman mesin pencari ini akan muncul langsung. Jika Anda kesulitan mohon beritahukan saya melalui kotak komentar di bawah artikel ini. InsyaAllah saya akan bantu setting-kan.

2. Mesin Pencari Khusus Anak dari KidRex

KidRex mesin pencari aman untuk anak

KidRex mesin pencari aman untuk anak

KidRex dari tampilan websitenya saja sudah anak banget. Sama sebenarnya dengan situs Safe Search Kids. KidRex juga menyediakan layanan mesin pencari khusus anak. konten yang berbau seksual baik frase maupun kata kunci yang mengarah ke sana akan difilter.

Tidak 100% akurat memang karena masih ada saja konten yang lolos dari filter KidRex. Jika Anda menemukan konten yang kurang pantas dan ditampilkan oleh mesin pencari KidRex. Mohon laporkan hal tersebut ke pihak pengelola dan pengembang melalui halaman berikut ini.

3. Gogooligans Mesin Pencari Edukasi dan Akademik untuk Anak

Gogooligans memberikan jasa mesin pencari aman bagi anak

Gogooligans memberikan jasa mesin pencari aman bagi anak

Kelebihan dari mesin pencari khusus anak yang satu ini adalah yaitu ada fitur virtual keyboard pada kotak pencarian. Hal ini memudahkan bagi sebagian orang yang mungkin memiliki ketidakmampuan untuk mengetik melalui keyboard.

Kata kunci dan frase yang menjurus ke hal-hal yang tidak aman untuk anak, secara otomatis akan diblok oleh mesin pencari Gogooligans. Mesin pencari tidak akan menampilkan halaman apapun ketika kata yang digunakan masuk dalam database filterasi.

Anda dapat mengakses website resminya di alamat berikut ini www.gogooligans.com.

4. Mesin Pencari Khusus Anak Berikutnya Ada Swiggle

Mesin pencari yang aman berikutnya ada Swiggle

Mesin pencari yang aman berikutnya ada Swiggle

Salah satu mesin pencari yang sangat sederhana sekali yaitu Swiggle. Perhatikan alamat url dari mesin pencari ya agar tidak salah akses website. Alamat websitenya tidak menggunakan ekstensi *.com tetapi yang benar adalah *.org.uk.

Kebanyakan dari teman-teman saya menanggap bahwa semua situs pasti menggunakan ekstensi *.com. Padahal tidak juga. Contoh misalnya website saya yang yang membahas khusus tentang dunia investasi di www.thegold.asia.

Saya sengaja tidak menggunakan ekstensi *.com. Pada mesin pencari ini juga menggunakan www.swiggle.org.uk. Kalau salah ketik nama domain atau alamat url nanti website yang lain malah yang ke buka. 🙂

5.KidsClick! Mesin Pencari Plus Media Belajar untuk Anak

Mesin pencari plus media pembelajaran online untuk anak

Mesin pencari plus media pembelajaran online untuk anak

KidsClick! dimiliki dan dikelola oleh e School of Library and Information Science (SLIS) dari Kent State University. Anak tidak hanya dapat menggunakan website ini untuk mesin pencari tetapi juga sebagai media pembelajaran online.

Saya sendiri sangat menyukai website ini karena diberi kategori pelajaran. Jadi anak dapat mengetahui pelajaran apa yang dibutuhkan informasinya. Tinggal klik-klik dan hasilnya muncul.

Mesin pencari ini juga melakukan filterasi terhadap konten-konten seksual, dewasa, kekerasan, dst. Apakah Anda memiliki mesin pencari lainnya yang aman untuk anak dan belum dibahas pada artikel ini?

Mohon kirimkan tambahan lainnya melalui kotak komentar yang ada di bawah artikel ini, jika Anda menemukan mesin pencari yang lain, yang aman juga untuk anak. Semoga bermanfaat.  🙂

Bagikan tulisan ini juga yuk di sosial media yang Anda miliki, baik di Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path. Jangan lupa mention juga teman-teman Anda yang baru atau sudah memiliki anak.

Tidak ingin ketinggalan tulisan dari Dedeobi.com? Daftarkan saja alamat email dan nama lengkap Anda melalui kotak berlangganan yang ada di bawah artikel ini. Kami akan kirimkan artikel terbaru kami setiap minggunya melalui email Anda.