Teknik deepening pada proses hypnosis maupun hypnotherapy bertujuan untuk memperdalam ataupun mempertahankan kondisi klien pada gelombak otak alpha/theta bahkan delta (Mengenal teknik deepening pada hypnotherapy).

Sebelumnya kita telah membahas bagaimana teknik induksi dapat dipergunakan untuk self-hypnosis maupun untuk hypnotherapy pada artikel “Teknik Induksi pada hypnotherapy“.

Kondisi kesadaran client akan berpindah dari kondisi beta menuju kondisi alpha atau theta melalui teknik induksi. Guna memperdalam kesadaran client serta mempertahankan kondisi alpha atau theta. Maka dibutuhkan teknik Deepening.

Kita akan membahas 6 Teknik Deepening yang dapat dipergunakan untuk self-hypnosis maupun pada saat proses hypnotherapy. 6 Teknik Deepening yang akan dibahas pada artikel ini, yaitu:

1. Teknik Deepening – Elevator

2. Teknik Deepening – The Stairway

3. Teknik Deepening – The Ball of Light

4. Teknik Deepening – The Private Place

5. Teknik Deepening – Counting

Sebelum kita bahas lebih lanjut soal teknik ini, ada baiknya Anda membaca artikel yang berkaitan dengan teknik ini yaitu: Persiapan melakukan self hypnosis dan Berapa lama durasi waktu untuk self-hypnosis. Setiap artikel memiliki keterkaitan kuat satu sama lain, sehingga agar pemahaman Anda menjadi lebih mudah dan jelas. Ada baiknya dua artikel di atas Anda baca terlebih dahulu. Siap? Jika siap. Mari kita lanjutkan! ūüôā

1. Teknik Deepening – Elevator

Ilustrasi dari Elevator atau Lift

Ilustrasi dari Elevator atau Lift

Sekarang, saya ingin Anda untuk membayangkan diri Anda berada di dalam lift yang sedang bergerak turun. Anda sedang berada di lantai sepuluh dan tekan tombol lantai satu. Baik, luarbiasa sekali. Perlahan pintu lift mulai menutup dan lift mulai bergerak turun dari lantai sepuluh ke lantai satu. Setiap kali lift menurun ke bawah, rasakan bahwa diri Anda ikut menjadi santai, relaks, dan tenang. Sepuluh, liftnya bergerak turun ke lantai berikutnya. Sembilan, Anda menjadi sangat nyaman sekali. Delapan, Anda semakin nyaman dan tenang. Tujuh, tubuh Anda terasa menjadi ringan. Enam, mata Anda menjadi sangat mengantuk sekali. Lima, setiap tarikan napas Anda mengantarkan diri Anda menjadi sangat santai sekali. Empat, Anda menjadi sangat menikmati kenyamanan dan ketenangan pada saat Anda beristirahat saat ini. Tiga, semakin relaks dan tenang. Dua, semakin teristirahat lebih dalam. Dan Satu, Kesadaran Anda perlahan-lahan memasuki pikiran bawah sadar Anda.

2. Teknik Deepening – The Stairway

Gambar ilustrasi dari tangga

Gambar ilustrasi dari tangga

Saat ini coba Anda bayangkan. Anda sedang berdiri di depan tangga yang menurun. Setiap kali Anda menuruni anak tangga tersebut. Anda akan merasakan kondisi yang sangat amat nyaman sekali. Perlahan, coba Anda turuni setiap anak tangga sambil rasakan sensasi kenyaman yang luarbiasa ketika Anda turuni anak tangga tersebut. Saya akan menghitung mundur dari tiga ke satu, dan nanti pada saat hitungan ke satu, Anda telah berada diujung anak tangga tersebut. Tiga, persiapkan diri Anda untuk mulai melangkah satu demi satu anak tangga tersebut. Bagus, luarbiasa sekali. Dua, rasakan semakin Anda melangkahkan kaki Anda menuruni anak tangga satu demi satu, rasakan diri semakin relaks dan santai. Dan satu, Anda sekarang berada di anak tangga terakhir. Rasakan  diri Anda benar-benar menjadi sangat relaks sekali.

3. Teknik Deepening – The Ball of Light

Gambar ilustrasi dari bola cahaya

Gambar ilustrasi dari bola cahaya

Saat ini coba Anda bayangkan. Ada sebuah bola seperti bola kasti. Berwarna putih yang bercahaya terang sekali berada di dekat kaki Anda. Rasakan dan perhatikan kilau cahayanya, serta kehangatan dari bola tersebut. Perlahan-lahan bola cahaya tersebut mulai bergerak naik ke atas dari kaki ke kepala Anda. Rasakan pergerakannya, biarkan bola cahaya putih yang sangat terang tadi membuat tubuh Anda menjadi jauh lebih nyaman dan santai. Sekarang, bola putih tersebut bergerak ke atas melalui ke dua kaki Anda. Perhatikan dan rasakan kehangatan bola tersebut. Perhatikan baik-baik pergerakan bola tersebut dan biarkan bola cahaya tersebut bergerak ke bagian atas tubuh Anda, melalui paha Anda, kemudian perut Anda, leher Anda, memberisihkan dan menyelaraskan energi tubuh dan pikiran Anda. Bagus sekali, sekarang bola tersebut menuju ke dahi dan kening Anda, hingga menuju ubun-ubun kepala Anda. Rasakan sebuah sensai yang luarbiasa, energi yang mengalir menghubungkan pikiran sadar Anda dengan pikiran bawah sadar Anda. Saya mengajak pikiran bawah sadar Anda untuk mempersiapkan informasi-informasi yang sangat menarik dan berguna untuk menemukan masalah Anda, awal permasalahan Anda, dan solusi atas setiap permasalahan Anda.

4. Teknik Deepening – The Private Place

Gambar ilustrasi dari Private Place

Gambar ilustrasi dari Private Place

Saya akan menghitung dari 10 ke 1. Pada hitungan ke angka satu nanti Anda dapat membayangkan suatu tempat yang sangat nyaman untuk Anda. Tempat tersebut oleh di mana saja bisa di pengunungan, pantai, atau bahkan kamar tidur di Rumah Anda, atau bisa juga di tempat yang membuat Anda nyaman dan hanya berada di dalam pikiran Anda saja. Baiklah. Sepuluh, silahkan Anda mulai membayangkan tempat tersebut. Sembilan, rasakah bahwa tempat tersebut semakin jelas. Delapan, tempat tersebut semakin nyata. Tujuh, Anda benar-benar dapat merasakan tempat tersebut. Enam, Anda benar-benar dapat mengamati keadaan di sekelilingnya. Lima, semakin nyata dan jelas. Empat, Anda benar-benar menikmatinya. Tiga, rasakan bahwa hal ini semakin nyata dan jelas. Dua, Anda benar-benar berada di tempat tersebut. Satu, silahkan Anda menikmati dan merasakan kenyamanan dan ketenangan dari tempat tersebut semakin nyata dan jelas. Anda pun sangat menyenangi tempat tersebut.

5. Teknik Deepening – Counting

Gambar ilustrasi hitungan mundur

Gambar ilustrasi hitungan mundur

Saya akan menghitung dari 10 ke 1. Rasakan bahwa setiap kali saya menghitung. Maka Anda merasakan semakin rileks dan santai. Ketika hitungan saya sudah mencapai angka 1. Maka Anda akan merasakan kondisi relaksasi yang begitu luarbiasa dan sangat total. Saat ini hitungan dimulai. Sepuluh, Anda mulai lebih rileks. Sembilan, Anda semakin santai. Delapan, rasakan dan hayati bahwa tubuh Anda benar-benar telah beristirahat. Tujuh, Anda semakin dalam, semakin nyaman, dan semakin damai. Enam, Anda semakin menikmati relaksasi ini. Lima, semakin dalam, semakin lelap, semakin santai. Empat, biarkanlah tubuh Anda tertidur. Tiga, tubuh Anda semakin lepas, santai, malas, dan lemas. Dua, lepaskan semuanya, dan Satu, tubuh Anda benar-benar rileks, nyaman, santai untuk beristirahat. Semakin tenang, semakin dalam, dan silahkan Anda menikmatinya sambil mendengarkan suara saya.

Catatan: Untuk proses deepening, hitungan selalu mundur, sedangkan pada terminasi(termination) hitungan maju.