Sudah menjadi keinginan saya sejak lama untuk bisa membeli hosting di luar negeri. Ada beberapa pertimbangan mengapa saya memilih hosting di luar negeri ketimbang di dalam negeri. Sebenarnya hosting di dalam negeri tidak kalah kualitasnya dengan yang ada di luar negeri. Klo boleh jujur kekurangan dari hosting di dalam negeri adalah soal fitur yang masih minim.

Misalnya ada pihak hosting dalam negeri sebut saja PT. X dan PT. Y dari luar negeri. Sedikit ketika kita bandingkan satu sama lain dari sisi harga, PT. X lebih murah ketimbang PT. Y karena dari luar negeri dan rate mata uang mengikuti negaranya. Misalnya klo pakai euro, dollar, dan seterusnya. Oke berarti PT. X yang juara.

Sekarang kita bandingkan dari segi fitur yang ditawarkan, coba perhatikan baik-baik pada bagian ini. Selama ini saya mencoba membandingkan hosting satu dengan hosting lainnya baik yang ada di luar negeri maupun yang ada di dalam. Soal harga memang bersaing ketat, tapi soal fitur? Memang disayangkan rata-rata soal fitur produk hosting dalam negeri masih berbeda jauh dengan hosting di luar negeri.

Contohnya saja, misalnya pebedaan pada bandwidth jaringan, RAM atau prosesor, lisensi Cpanel dan seterusnya. Ini klo kita berbicara tatkala Anda ingin membeli VPS ya. Bagaimana dengan sharedhosting? Biasanya pebedaannya terletak pada kapasitas data dan bandwidth saja. Namun ini penilaian saya secara personal, bagi Anda yang punya penilaian lain. Silahkan 😀

Oke kita lanjut, terus kaitannya dengan artikel ini apa? Pada artikel ini saya mencoba berbagi pengalaman beli hosting Godaddy dengan VCN dari BNI. Dahulu saya pikir membeli hosting di luar negeri harus menggunakan kartu kredit atau paypal. Nah ngomongin soal paypal saya punya pengalaman sebelumnya antara paypal dan payoneer nih, kemarin sudah saya bahas pada artikel yang berjudul “Kiriman dari Payoneer sudah datang“.

Sempet pusing karena emang ga punya kartu kredit, eh sudah punya kartu debit payoneer malah jadi ngangur ga dipake untuk saat ini. Alhasil saya Googling untuk mendapatkan metode pembayaran yang bisa diterima oleh Godaddy. Perhatian saya terhenti ketika melihat fitur baru pada Bank BNI yaitu soal VCN yang katanya bisa dipakai untuk transaksi online dan verifikasi paypal. Jadi semacam kaya kartu kredit virtual gitu. Soal verifikasi paypal dengan VCN Bank BNI kita sudah bahas pada artikel sebelumnya ya. Belum baca? Baca aja di sini.

Nah karena penasaran, alhasil saya mencoba untuk membeli salah satu paket hosting di Godady dengan menggunakan VCN Bank BNI ini siapa tau bisa. hehe 😀 Ketika proses registerasi biasa klik-klik dan pada saat pembayaran saya masukan data-data VCN dan tadaaa… It works! So, makin penasaran ya pengen tau apa itu VCN dari Bank BNI? Saya akan ulas sedikit pada artikel ini. 🙂

Frequently Asked Question (FAQ)  BNI Debit Online dengan MasterCard VCN

BNI Debit Online dengan MasterCard VCN

Frequently Asked Question (FAQ)

BNI Debit Online dengan MasterCard VCN

  1. Apa itu BNI Debit Online?

BNI Debit Online adalah suatu model inovasi / alternatif pembayaran yang mudah, cepat dan aman untuk transaksi belanja di Merchant/Toko Online dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN) sebagai pengganti nomor asli BNI Kartu Debit berlogo MasterCard yang sumber dananya berasal dari rekening tabungan / giro perorangan

 

  1. Apa itu VCN?

VCN (Virtual Card Number) adalah nomor kartu virtual terdiri dari 16 angka (digit). Masa berlaku  VCN  adalah 1 jam dan  hanya dapat digunakan 1 kali transaksi per request VCN. Saat ini VCN dapat diperoleh melalui SMS dari sistem BNI ke nomor handphone nasabah pemegang BNI kartu debit yang sudah melakukan registrasi dan aktivasi fitur BNI SMS Banking (transaksi financial / non financial)

 

  1. Apa saja fitur dari VCN ini dan keuntungannya?

 

  1. a) Nasabah dapat melakukan transaksi e-commerce (online) dengan aman, tanpa cemas atas kemungkinan resiko kerugian yang diakibatkan oleh cyber fraud, karena nomor kartu asli terjaga kerahasiaannya (nasabah tidak memberikan nomor kartu asli kepada merchant saat bertransaksi.)
  2. b) Nomor VCN hanya berlaku dalam waktu terbatas, sehingga makin mengurangi resiko penipuan.
  3. c) VCN juga  memudahkan nasabah   mengatur finansial/budget berbelanja karena Nasabah  dapat menentukan batas maksimum yang bisa dibelanjakan  pada setiap nomor VCN.

 

  1. Apa Persyaratan Menggunakan BNI Debit Online?
  2. a) Nasabah yang mempunyai rekening tabungan/giro BNI untuk jenis:

–  BNI Taplus

–  BNI Taplus Bisnis

–  BNI Taplus Muda

–  BNI Emerald Saving

–  BNI Giro Perorangan

  1. b) Telah melakukan Registrasi & Aktivasi BNI SMS Banking (transaksi Non Financial & Financial) dengan kartu debit BNI berlogo MasterCard serta nomor handphone yang terdaftar di BNI.

Request VCN kedepannya juga bisa dilakukan melalui e-channel lainnya seperti BNI Internet Banking dan BNI Mobile.

 

  1. Bagaimana cara saya mendapatkan VCN?
  2. a) BNI SMS Banking by Syntax

Anda bisa mendapatkan VCN dengan cara mengetik Req VCN (Nominal) melalui BNI SMS Banking ke nomor 3346, (gambar 1). Kemudian anda akan menerima SMS balasan dengan perintah mengetik 2 digit secara acak sesuai nomor PIN Anda, (gambar 2). Anda akan mendapatkan SMS balasan kembali yg berupa Nomor Kartu Virtual (VCN) yg terdiri dari 16 digit, valid thru (bulan / tahun), 3 digit nomor CVC2,

 

VCN BNI Debit Online

VCN BNI Debit Online

b). BNI SMS Banking by BNI USSD (Akses *141#) -> Provider Telkomsel di akses    : *141*1# -> Provider Indosat & XL di akses    : *141*2#

Setelah melakukan akses diatas, berikut urutan langkah untuk Request VCN sbb: – Pilih menu e-Commerce            -> Ketik 6 – Pilih menu e-Payment             -> Ketik 1 – Pilih menu BNI Debit Online (VCN)     -> Ketik 1 – Masukkan Angka Nominal BNI Debit Online (VCN), dhi. tanpa Rp, koma , maupun titik – Masukkan 2 digit Pin BNI SMS Banking Anda – Notifikasi SMS akan dikirim ke No. Handphone Anda

 

  1. Berapa lama nomor VCN ini berlaku?

Nomor VCN berlaku selama 1 (satu) jam mulai dari saat nomor virtual tersebut diterima nasabah.

 

  1. Berapa kali sebuah nomor VCN dapat digunakan selama masih berlaku?

1 (satu) kali transaksi setiap request VCN.

 

  1. Bagaimana dengan saldo saya ketika meminta VCN & Nominal dalam jumlah tertentu?

Saldo Nasabah tidak terpotong terhadap jumlah nominal yang di request.

Nasabah hanya dikenakan biaya provider Telco (pengiriman & penerimaan Pesan SMS)

 

  1. Saya gagal meminta / Request VCN. Apa saja kemungkinannya?
  2. a) Perintah syntax SMS untuk Request VCN yg diketik oleh nasabah belum benar sesuai syntax
  3. b) Anda belum melakukan Registrasi fitur BNI SMS Banking serta Aktivasi SMS Banking anda untuk transaksi finansial
  4. c) Anda adalah nasabah baru atau baru saja mengaktifkan BNI SMS Banking untuk transaksi finansial, dan informasi BNI SMS Banking anda sedang dalam proses pembaharuan.

 

  1. Di situs mana saja BNI Debit Online bisa digunakan?

BNI Debit Online bisa digunakan di merchant online berlogo MasterCard mana saja di seluruh dunia yang menerima pembayaran jaringan MasterCard

 

  1. Bagaimana cara saya melakukan transaksi online dengan BNI Debit Online?

Pada saat nasabah selesai memilih produk yang akan dibeli, melakukan proses checkout,kemudian  pilih metode pembayaran yang berlogo MasterCard (dikolom pembayaran Kartu Kredit).

Setelah itu  Anda melakukan pembayaran yaitu dengan cara memasukkan 16 angka nomor kartu VCN, bulan / tahun, dan 3 digit nomor CVC2 yang telah Anda request melalui BNI SMS Banking.

Jika transaksi  berhasil, saldo anda akan terpotong sesuai jumlah transaksi tersebut.

 

  1. Bagaimana dengan saldo saya jika transaksi gagal?

Tidak ada pemotongan saldo jika transaksi gagal..

 

  1. Apakah saya bisa memberikan VCN ke orang lain?

Bisa. Jumlah saldo yang dipotong adalah sebesar nilai transaksi (belanja) dari rekening pemilik yang meminta VCN tersebut.

 

  1. Siapa yang bisa saya kontak jika saya masih mempunyai pertanyaan tentang BNI Debit Online?

BNI Call : (021) 500046 / 68888

Jika Anda sudah memiliki BNI, maka tugas Anda adalah mendaftarkan nomor HP Anda untuk mengaktifkan SMS Banking di kantor cabang BNI terdekat. Bilang saja ke petugasnya bahwa Anda ingin membuat VCN BNI. Bagi pengguna android coba buka playstore Anda lalu cari aplikasi SMS Banking BNI di sana. Download aplikasi tersebut dan gunakan aplikasi tersebut untuk men-generate VCN.

Oke VCN sudah di dapat, lalu bagaimana saya bisa membeli hosting Godaddy? Nah di sini Anda perlu membuka website BNI untuk melihat harga kurs dollar saat ini itu berapa. Misalnya harga dollar saat ini itu Rp. 12.500 dan harga hosting per bulan itu $5. Maka 12500 x 5 = 62500. Maka Anda buat saja VCN Anda sebesar Rp. 70.000. Meskipun Anda membuat Rp. 70.000, apabila yang dipakai membayar Rp. 62.500 untuk transaksi maka yang diambil dari tabungan Anda tetap yaitu sebesar nilai Anda transaksi untuk membayar. Jadi jangan khawatir. 🙂

 Lalu cara mendaftar Godaddy-nya bagaimana? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjung website Godaddy di alamat www.Godaddy.com
  2. Pilihlah hosting sesuai kebutuhan Anda, pilihannya ada Web hosting, WordPress hosting , dan VPS
  3. Setelah itu proses registerasi, isilah sesuai data-data pribadi diri Anda
  4. Pada proses pembayaran gunakan pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit
  5. Buatlah VCN Anda melalui SMS Banking
  6. Isilah data-data VCN Anda dan pilih kartu dengan Master Card
  7. Jika Sudah maka selamat Anda, sudah selesai melakukan proses registerasi dan pembayaran
  8. Anda sudah bisa langsung setup webhosting Anda saat ini juga. 🙂

Semoga tips Membeli hosting Godaddy dengan VCN BNI ini bisa bermanfaat, bagi Anda yang kesulitan jangan sungkan bertanya. Kita saling berbagi di sini. 🙂 Artikel besok saya akan membahas bagaimana caranya migrasi wordpress ke Paket WordPress Godaddy. Baca juga info menarik lainnya di halaman ini.