Cara Mudah untuk Kontrol Smartphone yang Digunakan oleh Anak

Saat ini anak-anak SD saya lihat sudah banyak yang menggunakan smartphone. Di jalan raya bahkan ada anak-anak yang belum cukup usia sudah bawa motor, lengkap tanpa helm dan surat izin mengemudi, tidak ketinggalan di tangan kiri sambil mengendarai motor ia juga membalas pesan yang dikirim oleh teman-temannya melalui aplikasi chatting atau messanger.

Bikin geleng-geleng kepala, mungkin Anda juga ada ya yang kesulitan mengatur kapan waktu untuk makan, belajar, tidur, solat, dan seterusnya. Lantaran si anak keasikan bermain smartphone. Banyak hal-hal menarik yang dapat ditemukan dari yang namanya smartphone.  Tidak hanya anak kecil bahkan orang dewasa juga ada yang melakukan hal yang sama.

Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana caranya agar Anda dapat mengontrol smartphone yang digunakan oleh anak. Aplikasi ini dapat berjalan di smartphone maupun tablet berbasis Android dan IOS. Aplikasi ini bernama  MMGuardian Parental Control. Download di sini bagi pengguna smartphone Android dan di sini bagi pengguna smartphone IOS.

Fitur pertama, Anda bisa mengatur kapan saja waktu yang diperbolehkan untuk anak mengakses smartphone. Misalnya pukul 18.00 hingga 20.00 adalah waktu yang tidak diperbolehkan untuk mengakses smartphone. Ketika anak mencoba mengakses di jam-jam yang Anda larang. Pada layar smartphone mereka tidak akan bisa dibuka atau terkunci selama jam-jam tersebut.

Fitur Kedua, terkadang anak jika pergi bersama teman-temannya ke suatu tempat. Karena mungkin jauh atau karena lain hal. Ia mencoba berbohong agar diizinkan oleh orangtuanya. Aplikasi ini juga memungkinkan para orangtua untuk mengetahui keberadaan anak. Anda bisa melakukan tracking lokasi atau tempat si anak. Selama smartphone yang digunakan terkoneksi dengan internet.

Fitur ketiga, Anda bisa memblok aplikasi-aplikasi yang dianggap kurang bermanfaat. Seperti aplikasi Game, Facebook, Twitter, atau aplikasi lainnya yang Anda hendaki untuk tidak dapat diakses oleh si anak. Blokir di sini bisa dalam arti permanen atau temporer.

Maksudnya temporer yaitu berdasarkan waktu tertentu. Contoh si anak bisa tetap bermain aplikasi game selama waktu libur saja atau pukul 14.00 hingga 16.00. Kalau diblok secara permanen berarti si anak tidak dapat mengakses aplikasi tersebut sama sekali.

Fitur keempat, Anda juga bisa mensetting agar smartphone anak tidak dapat sms ke nomor telepon tertentu atau tidak dapat menelpon ke nomor tertentu. Ada kalanya anak suka sms atau telepon yang kurang penting sehingga membuang-buang pulsa begitu saja. Anda bisa menyelesaikan permasalahan ini dengan aplikasi MMGuardian Parental Control.

Fitur kelima, Anda bisa melakukan kontrol smartphone anak selama berkendara. Jika anak misalnya pergi ke sekolah menggunakan ojeg online atau membawa kendaraan sendiri. Seperti yang saya bilang di awal tadi, ada anak yang membawa kendaraan bermotor tapi sambil smsan, bbman, chatting. Hal ini sangat membahayakan sekali. Oleh karena itu, Anda bisa mengatur waktu safe driving.

Contoh si anak sedang naik ojeg online, agar selama perjalanan tidak menggunakan smartphone. Karena faktanya banyak orang yang dijambret pada saat naik ojeg atau naik motor. Lantaran selama perjalanan ia mengeluarkan smartphone dan sibuk sendiri. Akhirnya ia menjadi incaran pelaku tindak kejahatan karena ia tidak fokus dengan apa yang sedang dikerjakannya.

Fitur keenam, Anda bisa kontrol smartphone anak dan membatasi website-website yang dapat dikunjungi oleh si anak. Fitur lainnya, yaitu Anda bisa memantau kata-kata badwords (kata-kata kotor).

Baik itu yang berunsur seksual, intimidasi, kekerasan, dan seterusnya melalui aplikasi ini. Anda juga bisa mendapatkan report harian dari aktivitas yang telah difilter oleh aplikasi MMGuardian Parental Control, yang dilakukan oleh anak selama menggunakan smartphone melalui website atau SMS langsung ke nomor ponsel Anda.

 —

Bagikan tulisan di atas jika Anda rasa bermanfaat untuk dibagikan melalui sosial media Facebook, Twitter, Google Plus, LinkedIn, dan Path ke teman-teman Anda sesama para orangtua cerdas. Semoga bisa menjadi solusi untuk kontrol smartphone anak-anak Anda.

Tidak ingin ketinggalan tulisan terbaru dari Dedeobi.com, daftarkan alamat email dan nama lengkap Anda melalui kotak berlangganan artikel di bawah tulisan ini. Setiap minggunya kami akan mengirimkan artikel-artikel terbaru dari Dedeobi.com melalui email Anda.