Penyakit gerogi ketika berbicara di depan banyak orang adalah penyakit yang ntah berasal dari virus atau bakteri apa tetapi memang kebanyakan penyakit ini di derita bagi orang yang baru mencoba untuk public speaking di depan banyak orang.

Mungkin Anda yang membaca artikel ini pernah mengalaminya bukan? Karena sayapun dulu pernah mengalami penyakit gerogi ini. hehe 😀

Yuk mari sama-sama kita bikin ramuan anti gerogi saat bicara di depan umum. Saya mencoba menyederhanakan menjadi beberapa tips dan trik untuk bisa Anda pakai. Setidaknya ada 7 cara yang bisa Anda pergunakan. Kita akan membahasnya satu per satu.

Poin pertama yang kita bahas kali ini adalah tentang latihan dan persiapan. Gerogi bisa terjadi akibat kurang persiapan dan latihannya seseorang.  Apabila Anda ingin memberikan suatu materi baru. Ajaklah 3-5 orang terdekat Anda untuk mendengarkan materi yang akan Anda sampaikan di depan, lalu minta penilaian mereka tentang apa yang Anda bicarakan.

Ingat latihanlah di depan orang beneran, bukan kaca atau cermin. Mengapa? Karena jika Anda latihan di depan kaca atau cermin ‘pose’ Anda akan tidak terlihat natural. Untuk itu Anda perlu teman atau Tim Anda yang mau mendengarkan Anda menyampaikan materi. Semakin sering berlatih, akan meningkatkan rasa Pede di dalam diri Anda.