Kemarin saya baru saja bertemu dengan rekan saya yang baru membuka bisnis restoran. Terhitung baru satu bulan kurang restoran tersebut buka.

Sehingga butuh promosi dan publikasi yang gencar-gencaran untuk menarik perhatian dari konsumen. Ada cara yang terbilang unik yang dilakukannya. Kita akan bahas hal tersebut, sesuai dengan judul Cara unik promosi untuk restoran baru. Jadi, dia bercerita bagaimana omzet restorannya bisa meningkat dengan cara promosi unik tersebut. Memang jika dilihat tempat parkir di restoran tersebut cukup luas, dan parkirannya selalu ramai dengan penggunjung.

Tak hanya itu customer yang datangpun berbondong-bondong. Penasaran dengan teknik promosi yang dipakai, akhirnya saya bertanya kepada dia apa yang dilakukan olehnya? Alhamdulillah, dia orangnya baik dan mau untuk berbagi ilmunya kepada saya. Dia bercerita bahwasannya yang dilakukannya adalah dengan hal sederhana.

Dia sebelumnya telah mensurvei kendaraan yang paling banyak dipakai oleh orang-orang di sekitar wilayah restorannya. Misalnya ketemulah mobil Avanza. Setelah dia mendapatkan merk dari mobil tersebut. Dia mengkualifikasikan lagi, misalnya Avanza warna putih yang paling banyak dipakai oleh masyarakat di sekitar.

Nah, setelah itu dia membuat brosur, dan membagikan setiap mobil Avanza yang lewat berwarna putih. Apa isi dari brosur tersebut? Semacam invitation berdiskon bahkan gratis! Maksudnya? Apabila si pemilik kendaraan makan di tempat restorannya, pemilik kendaraan yang sekaligus driver. Gratis, makan di sana!

Tak hanya itu, apabila dia makan di sana bersama dengan teman-temannya. Maka sang supir atau sekaligus pemilik kendaraan bisa mendapatkan komisi dari restoran. Komisinya sebesar 6% dari total pembelian yang dilakukan oleh teman-temannya. Bagaimana jika ada yang datang sendirian?

Tetap diperbolehkan sang supir yang menggunakan avanza warna putih tadi makan gratis di sana loh. Apa tidak rugi? Dia (rekan saya berpikir) bahwasannya walaupun yang datang satu orang dan satu mobil. Parkiran di tempat restorannya akan penuh dan ramai (pencitraan).

Sehingga calon customer, akan tertarik untuk datang ke restoran miliknya karena terlihat selalu ramai oleh pembeli. Nah, ada waktu-waktu tertentu saja, seorang supir atau sekaligus pemilik kendaraan avanza berwarna putih ini bisa makan. Biasanya pas istirahat jam kantor atau pun sore hari menjelang malam.

Selain itu pula, suasana di restoran dibuat senyaman mungkin agar customer bisa saling berdiskusi, bersantai ria, ngobrol ngalor ngidul. Hehe 😀 Pokoknya dibuat agar pengunjung yang datang sendirian, merasa kurang sreg klo dateng ga bareng temen-temennya ke restoran tersebut.

Bagaimana Anda tertarik untuk mengikuti jejak promosi restoran seperti rekan saya tersebut? Kirimkan ide dan cerita inspirasi Anda ke Email kami di [email protected], cerita terbaik akan dipublikasikan di website ini. 😀