Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya memiliki emas dengan cara menabung sedikit-sedikit eh lama kelamaan bisa menjadi banyak. Saya jadi ingat ungkapan salah satu rekan di kantor saya yang dulu. Beliau berkata kepada saya: “Rob, ente sama Nabi Muhammad kelakuannya beda tipis. Tau ga kenapa? Klo Nabi Muhammad itu klo makan cuma sedikit. Klo ente malah sedikit-sedikit makan.” 😀

Wes jauh dari topik yang kita bahas di atas. Hahaha. Mari kita kembalikan lagi ke topik yang semestinya. Oh ya banyak dari pelajar atau mahasiswa yang ingin memiliki emas atau perak namun bingung karena terbentur sama uang jajan atau gaji yang masih sedikit untuk para fresh graduate (Mahasiswa yang baru lulus). Saya punya tips bagaimana caranya kita bisa memiliki dinar koin emas dengan cara menabung sedikit-sedikit.

Nabung di Bank Syariah bisa juga memang, namun kali ini kita akan membahas bagaimana caranya memiliki dinar koin emas melalui Gerai Dinar. Bagi yang sudah melalang buana dalam bisnis investasi emas pasti tidak asing lagi dengan nama Gerai Dinar. Mari kita mengenal siapa dan apa itu Gerai Dinar dari artikel website mereka. Anda dapat mengaksesnya di www.GeraiDinar.com.

Kantornya berada di Depok dekat dengan kampus Universitas Gunadarma, Kelapa Dua. Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya menggunakan salah satu dari layanan Gerai Dinar yaitu M-Dinar. M-Dinar adalah salah satu produk investasi untuk menabung emas (Koin Emas Dinar). Adapun website dari M-Dinar dapat diakses melalui halaman ini. Jika Anda ingin menabung emas di M-Dinar Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. Adakah biaya untuk pendaftaran? Seingat saya tidak ada, mohon dikoreksi jika saya salah ya. Soalnya saya rada lupa.

1. Mendaftar di M-Dinar

Cara Mendaftar di M-Dinar

Cara Mendaftar di M-Dinar via

Sebelum mendaftar di M-Dinar ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Seperti Anda harus memiliki nomor handphone atau nomor telepon rumah yang aktif dan valid. Lalu Anda juga perlu men-scan KTP atau kartu SIM(Surat Izin Mengemudi) Anda atau bisa juga dengan PASSPORT. Hal ini dibutuhkan tatkala pendaftaran. Kecuali Anda daftarnya langsung ke tempat Gerai Dinarnya, tidak perlu lagi scan KTP atau SIM atau PASSPORT.

Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui https://new.m-dinar.com/daftar isi semua form yang ada di bagian website tersebut. Lalu masukkan captcha jika Anda sudah mengisi data diri Anda semuanya dan klik tombol Daftar. Proses selanjutnya Anda perlu untuk mengaktivasi Email Anda. Bagaimana caranya? Bukalah email Anda, lalu lihat kotak masuk atau kotak spam dan klik link konfirmasi yang dikirimkan oleh M-Dinar kepada Anda.

2. Upload Data Diri Anda

Upload data diri Anda via new.m-dinar.com

Upload data diri Anda via new.m-dinar.com

Sekali lagi untuk proses upload ini hanya diperuntukan bagi mereka yang membuka tabungan secara online saja. Data yang perlu di upload adalah scan dari KTP, SIM atau Passport. Lalu username yang dipergunakan pada proses pendaftaran dan nomor HP atau nomor rumah yang dapat dihubungi oleh pihak Gerai Dinar. Tiga data tersebut dapat diinformasikan ke pihak Gerai Dinar melalui email pendaftaran mereka di [email protected]

Ada baiknya setelah proses upload data diri Anda, Anda juga menghubungi Gerai Dinar untuk mengkonfirmasikan bahwa Anda baru saja mendaftarkan diri Anda dan sudah mengupload tiga data yang sudah saya sebutkan sebelumnya ke mereka. Tunggu balasan dari mereka atau jika Anda menelpon mereka. Maka Anda perlu untuk men-topup akun Anda untuk pertama kalinya. Bagaimana cara topup akun M-Dinar kita?

3. Topup Perdana Akun M-Dinar

Cara topup akun M-Dinar pertama kali via new.m-dinar.com

Cara topup akun M-Dinar pertama kali via new.m-dinar.com

Untuk topup pertama kali Akun M-Dinar Anda adalah sebesar 0.25 dari harga koin emas dinar saat Anda mendaftarkan diri. Misalnya Anda mendaftarkan diri pada hari selasa tanggal 13 Januari 2015 . Harga koin emas dinar pada saat itu misalnya Rp. 1.970.469,- maka untuk topup pertama kali atau topup perdana untuk akun M-Dinar Anda adalah sebesar Rp. 492.617,-. Perhitungan ini didapatkan dari 1.970.469 x 0.25 = 492.617,25.

Nah itulah besaran uang yang perlu kita transfer ke M-Dinar untuk topup akun M-Dinar pertama kali. Untuk topup berikutnya besarannya adalah 0.1 dari harga koin emas dinar pada saat Anda menabung di M-Dinar. Contohnya pada hari selasa tanggal 13 Januari 2015 Anda menabung di M-Dinar. Harga koin emas dinar pada saat itu misalnya  Rp. 1.970.469,- maka untuk topup kedua dan seterusnya untuk akun M-Dinar Anda adalah sebesar Rp. 197.046,-. Perhitungan ini didapatkan dari 1.970.469 x 0.1 = 197.046,9.

4. Mendapatkan Buku Tabungan

Mendapatkan Buku Tabungan M-Dinar via new.m-dinar.com

Mendapatkan Buku Tabungan M-Dinar via new.m-dinar.com

Nah bagi yang daftar online untuk mendapatkan buku tabungan M-Dinar Anda perlu datang ke tempat Gerai Dinar. Adapun data yang perlu dibawa hanya ktp atau sim atau passport yang didaftarkan pada saat pembukaan akun M-Dinar Anda. Saran saya apabila setiap kali melakukan transfer dalam waktu yang berkala Anda memprint buku tabungan Anda untuk pembaruan saldo dan pencatatan transaksi agar lebih rapih dan aman.

Untuk penarikan koin emas dinar dapat dilakukan apabila saldo telah mencukupi untuk penarikan yaitu sebesar 1 dinar. Oh ya Gerai Dinar juga menyediakan untuk pembelian koin perak dirham juga. Menurut saya selain teman-teman mengikuti program DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) untuk jangka panjang opsi menabung emas juga bisa jadi pilihan yang baik untuk masa depan. Semoga tips cara menabung emas di Gerai Dinar ini bermanfaat, tolong bagikan juga ke teman-teman Anda informasi yang bermanfaat ini di sosial media ya. 🙂