Seperti janji saya kemarin maka hari ini. Hari kita akan membahas bersama bagaimana membuat instant PD (Percaya Diri) dengan menggunakan Anchor. Mungkin sebagian dari pembaca ada yang belum tahu tentang Anchor ini.

Maka izinkanlah saya untuk sedikit kita mengulas guna memperkenalkan tehnik Anchor ini kepada pembaca yang belum mengetahuinya. Sebenarnya Anchor adalah sebuah metode yang dipergunakan di dalam hypnotherapeutic technique dan NLP.

Agar pendefinisiannya lebih mudah izinkan saya untuk menganalogikannya seperti ini. Pernahkah Anda mendengar suatu lagu tertentu, tiap kali Anda mendengar lagu tersebut. Anda menjadi ingat sesuatu pada moment-moment atau pengalaman tertentu di masa lalu? Oke pasti pernah ya.

Misalnya dari saya. Setiap kali mendengar lagu My Heart Will Go On saya akan mengingat film titanic pada saat kapal tersebut mulai tenggelam. Mungkin Anda pribadi punya pengalaman yang sama nanti mohon di share ya di kotak komentar di bawah artikel ini. Maka bisa dibilang bahwa Anchor ini layaknya sebuah saklar untuk on/off pada lampu. Ketika di Klik maka akan muncul suatu ingatan atau memori-memori di masa lalu muncul pada saat ini.

Maka untuk PD kita bisa kok menggunakan tehnik Anchor ini dengan cara self hypnosis. Bagai yang belum tahu bagaimana caranya self hypnosis nanti biar saya buatkan artikelnya, request saja ke twitter saya di @Dedeobi. Baik, cara membuat Anchor sederhana sekali. Tugas Andalah cari dan tuliskan terlebih dahulu di kertas atau cukup dengan mengingat suatu kejadian atau peristiwa yang membanggakan yang pernah Anda rasakan di masa lalu.

Tingkatkan intensitas perasaannya

Tingkatkan intensitas perasaannya

Selanjutnya tingkatkan intensitas perasaannya hingga ke level tertinggi. Bagaimana caranya? Anda bisa membayangkan dan merasakan hal tersebut seolah terjadi lagi hari ini sehingga membuat perasaan Anda menjadi gembira, senang, dan bangga atas prestasi yang Anda raih tersebut. Jika sudah. Selanjutnya Anda dapat menyentuh bagian dari diri Anda untuk dijadikan Anchor. Misalnya pegang dada atau pundak atau kepala itu terserah Anda.

Lalu ucapkan kata “Semangat” atau “On FIRE” atau kata positif lainnya. Jadi, saya ulangi ya pikirkan moment di mana Anda pernah mencapai puncak kejayaan atau prestasi tertinggi yang pernah Anda raih, lalu sentuh bagian tubuh diri Anda, lalu sambil ucapkan kata positif. Jika sudah lepas, dan coba tempelkan lagi di bagian yang tadi Anda sentuh. Apa yang Anda rasakan? Jika ada perasaan senang, happy, semangat, PD, dan seterusnya. Maka Anda telah berhasil memasang Anchor tersebut.

Perlu menjadi catatan adalah Anchor apabila sering Anda pergunakan. Maka daya yang dihasilkan lama kelamaan akan berkurang. Maka gunakanlah Anchor di saat-saat tertentu saja. Jika ada yang kesulitan. Bisa menghubungi saya via email di [email protected] atau kontak saya melalui twitter di @dedeobi. Selamat mencoba. ūüôā