Fenomena hipnosis seringkali dikaitkan dengan unsur-unsur kekuatan supranatural, bantuan jin, kekuatan gaib, dan seterusnya. Padahal di keilmuan modern seperti psikologi mempelajari hal tersebut, yang merupakan suatu fenomena “biasa”, yang terjadi dalam keseharian pada kegiatan manusia.

Lalu ada yang bertanya bagaimana caranya saya bisa mempelajari hipnosis atau hipnotis? Sebenarnya adakah perbedaan dari kata hipnotis, hipnosis, hypnosis, hypnotist? Ya, memang ada sedikit perbedaan makna. Hypnosis itu adalah nama keilmuannya, sedangkan hypnotist adalah orang yang melakukan kegiatan hypnosis. Sedangkan di Indonesia menyerap kata dan sering kali media mengkaitkan dengan istilah hipnotis.

Di balik berita-berita miring tentang fenomena hipnosis itu sendiri (yang belum tentu sah/valid kebenarannya tentang kaitan suatu kejahatan tertentu yang dikaitkan dengan fenomena hipnosis!), ada banyak sekali manfaat sebenarnya yang bisa diambil dari fenomena hipnosis itu sendiri. Misalnya ada seseorang pelajar, ingin belajar agar bisa konsentrasi, fokus, dan dapat belajar sesuai dengan gaya belajarnya dia sendiri. Maka pelajar tersebut bisa mempelajari Hypno Learning.

Ada juga misalnya seorang guru yang ingin mengajar dengan asik dan santai, tetapi materi yang diberikan tetap nyantol di pikiran murid-muridnya. Maka guru tersebut bisa mempelajari teknik Hypno Teaching. Karena sudah tidak jamannya lagi, seorang guru menerapkan pemukulan terhadap muridnya yang tidak dapat menghapal atau yang tidak dapat mengikuti materi pelajaran tertentu. Karena pada dasarnya ilmu pengetahuan itu asik untuk dipelajari oleh siapapun! Tinggal bagaimana kemampuan seorang guru dapat men-deliver materi-materinya dengan baik.

Selain ada juga manfaat hypnosis misalnya untuk menghilangkan pobia, trauma, dan seterusnya. Teknik hipnosis yang dipergunakan untuk terapi disebut juga Hypno Therapy. Hal ini sangat bermanfaat sekali baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Kadang keseharian dalam rutinitas yang kita lakukan, tanpa sadar kita telah meng-install pikiran-pikiran negatif dalam diri kita. Ntah karena emosi marah, dendam, kesal, dst.

Dari perasaan negatif, apabila dalam kurun waktu tertentu disimpan lama di hati, maka akan menjadi penyakit. Hypno Therapy hanya tools atau alat untuk membantu seseorang yang memiliki masalah dengan pikiran atau perasaannya, agar orang tersebut menjadi lebih mampu untuk beradaptasi dengan masalahnya. Artinya ketika seseorang bisa menerima dan bersyukur atas apa yang terjadi pada dirinya, maka seberat apapun masalah yang dihadapi tidak akan menjadi penyakit pikiran atau hati bagi diri orang yang bersangkutan.

So, masih ada banyak lagi manfaat dari fenomena hipnosis, pasti Anda tertarik untuk mempelajarinya bukan? Sebenarnya ada tiga cara mempelajar hipnosis yang saya rekomendasikan kepada Anda. Semoga setelah Anda mempelajari dan mencari tahu tentang hal ini. Anda bisa berbagi manfaat dari pengalaman Anda kepada orang lain. So, yuk kita pelajari hipnosis dengan tiga cara ini.

1. Belajar dari Buku-Buku Hypnosis di Gramedia

Cari buku-buku tentang hipnosis di Gramedia via dukenmarga.wordpress.com

Cari buku-buku tentang hipnosis di Gramedia via dukenmarga.wordpress.com

Ada banyak sekali buku-buku di Gramedia tentang tutorial seperti tutorial: ” Cara cepat belajar hipnotis orang lain “, hypnotherapy,┬áhypnoparenting, hypnoselling, hypnoslimming/hypnolangsing, hypno dentist, stage hypnosis, dan seterusnya. Saran saya agar memudahkan Anda untuk belajar hipnosis, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu hal-hal mendasar seputar hypnosis itu sendiri, carilah buku-buku yang membahas tentang fundamental hypnosis. Adapun buku-buku yang saya rekomendasikan untuk Anda, ada pada halaman kategori Book Reviews.

Teramat penting adalah Anda mengetahui dahulu tentang dasar-dasar hipnosis, lalu bagaimana cara pikiran kita bekerja. Pada tahap lanjutannya baru Anda bisa mempelajari ke hal-hal yang lebih advanced. Sebenarnya tidak ada salahnya jika Anda mempelajari misalnya hypnotherapy secara langsung, namun pada beberapa tahap, biasanya Anda akan mengalami kebingungan guna menerapkan metode hypnotherapy tersebut. Maka dari itu saya sarankan carilah buku-buku yang banyak membahas tentang fundamental terlebih dahulu untuk Anda pelajari.

2. Belajar dari video-video di Youtube

Belajar hipnosis dari video-video di YouTube via dailygenius.com

Belajar hipnosis dari video-video di YouTube via dailygenius.com

Youtube adalah salah satu media yang bisa dijadikan tempat pembelajaran bagi pengembangan diri siapapun! Telah banyak saat ini artis-artis pendatang baru terlahir dari Youtube. Singkat cerita dari segala kesuksesan Youtube. Anda bisa memanfaatkan video-video yang diunggah di Youtube terkait dengan materi-materi baik fundamental hypnosis, maupun Advanced Hypnosis. Anda bisa gunakan kata kunci: Belajar hipnotis, belajar hipnotis cepat, mahir hipnotis, hipnotis orang lain, dan seterusnya. Menurut saya hal ini bisa menjadi percepatan bagi Anda yang ingin bisa belajar hipnosis.

So belajar pakai cara ini, bisa dibilang cukup mudah dan murah. Anda hanya membutuhkan jaringan internet yang sekarang sudah tersebar di mana-mana. Cari saja wifi gratis, lalu download materi-materi hypnosis. Ada ratusan ribu mungkin video yang terkait dengan hipnosis! Yup, jangan lupa setelah belajar dari video, coba cek lagi materi yang disampaikan di video dengan yang ada di buku. Apakah ada perbedaan atau saling melengkapi? Namanya juga belajar sendiri ya musti ada kedisiplinan untuk belajar. Perkaya pengetahuan Anda melalui buku-buku yang dikeluarkan oleh percetakan ternama nasional maupun internasional dan video-video yang ada di Youtube. Pada tahap ini pasti Anda sudah bisa menghipnosis orang lain dengan mudah. ­čśë

3. Mengikuti pelatihan hypnosis & hypnotherapy

Asah kemampuan dengan sertifikasi hypnosis dan hypnotherapy via mdi.org

Asah kemampuan dengan sertifikasi hypnosis dan hypnotherapy via mdi.org

Jika Anda sudah mampu melakukan hipnosis orang lain, dengan cara dua hal di atas yaitu dengan cara membaca buku dan melihat video-video yang ada di Youtube. Hal lain yang sangat membantu Anda dalam memperasah kemampuan Anda adalah dengan mengikuti pelatihan/training/workshop/sertifikasi terkait hipnosis. Jika Anda ingin meningkatkan kualitas kemampuan diri Anda, maka ikut sertifikasi bisa jadi pilihan.

Pertama, ketika Anda mengikuti sertifikasi, Anda akan mendapatkan ilmunya secara langsung dari trainer-trainer yang sudah tersertifikasi sebelumnya. Artinya kesalahan-kesalahan pada saat Anda belajar hipnosis secara mandiri melalui buku dan video youtube bisa diperkecil. Anda tidak perlu terlalu banyak trial & error ketika mengikuti program sertifikasi karena sudah ada pembimbingnya.

Kedua, kemampuan Anda sudah diakui dan dipercaya. Sehingga meningkat rasa percaya diri Anda. Pada saat melakukan hipnosis. Sertifikasi ini juga bertujuan agar kemampuan Anda memiliki standar tertentu sesuai dengan program sertifikasi dari lembaga yang Anda ikuti. Adapun biaya untuk sertifikasi Indonesia terkait hypnosis dan hypnotherapy berkisar antara 2,5 juta hingga 5 juta. Program sertifikasi internasional berkisar antara 7 juta hingga 20juta rupiah. Biasanya sertifikasi internasional soal harga mengikuti kurs dollar yang berlaku pada saat itu.

Ketiga, dari sertifikasi ini Anda akan memperoleh jaringan/network. Ini sangat penting sekali bagi pengembangan diri Anda kedepan. Karena rata-rata orang yang mengikuti sertifikasi adalah orang-orang yang menginginkan menjadi seorang profesional di bidang tersebut. Di kemudian hari apabila Anda ingin mengembangkan keilmuan hypnosis misalnya terkait penjualan/sales. Karena sebelumnya Anda punya teman yang fokus pada pengembangan diri hypno selling. Anda jadi bisa belajar dengannya. Ingat, seseorang bisa berkembang dengan cepat apabila di dukung dengan lingkungan orang-orang yang menginginkan perkembangan bagi dirinya ke arah yang lebih baik (positif).

Kekurangan dari program sertifikasi memang ada biayanya tersendiri, namun benefit yang bisa Anda dapatkan bisa lebih besar dari apa yang dikeluarkan. So, investasi untuk leher ke atas, InsyaAllah akan kembali. (Ini adalah omongan dari Pak Iwan D Gunawan kepada saya pada saat bertemu di Hotel OASIS Amir). Jika Anda membutuhkan sertifikasi untuk fundamental hypnosis dan Advanced Hypnotherapy. InsyaAllah saya bisa membantu Anda. ­čÖé Anda dapat menghubungi saya melalui email di [email protected]